Bank Mini

887
SEJARAH SINGKAT

BMAJ berdiri sejak Juli 1995, bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Malang. Pada awal berdirinya BMAJ bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas yaitu praktek pelajaran akuntansi perbankan,  BMAJ sebagai laboratorium terapan akuntansi  sehingga dari sisi permodalan jumlahnya cukup terbatas karena hanya mengelola tabungan sejumlah siswa yang berminat menabung dengan pengerjaan yang dilakukan secara manual.

Seiring dengan meluasnya wawasan dan tuntutan kebutuhan siswa, guru dan karyawan SMK Negeri 1 Malang, maka penanganan kegiatan di BMAJ dilakukan secara komputerisasi, dan usaha dikembangkan di berbagai bidang kegiatan yaitu pembayaran semua keuangan sekolah, kegiatan simpan pinjam, pelayanan jasa pembelian sepeda motor dan barang elektronik secara kredit.

Disamping itu BMAJ bekerjasama dengan Bank BTN Malang  juga melayani penjualan Shoftware komputer. Untuk sementara soft ware yang dipakai BMAJ juga diaplikasikan di beberapa lembaga pendidikan di kota Malang antara lain: SMA Negeri 5 Malang, SMA Negeri 7 Malang, SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang, SMK PGRI 6 Malang dan SMK PGRI Pandaan.

Bahkan pada bulan Pebruari tahun 2009 ini  BMAJ telah melaksanakan pelayanan jasa  pembayaran rekening listrik, telepon, speedy, Kartu Pasca bayar (Hallo), Pulsa elektrik All Operator, secara online yang disebut PPOB ( Payment Point Online Bank) untuk siswa,  warga sekitar SMK negeri 1 Malang dan untuk orang tua siswa.

VISI

Menjadikan Bank Mini Arta Jasa sebagai lembaga perbankan yang dapat melayani kebutuhan siswa, guru/ Karyawan, masyarakat pendidikan dan masyarakat umum

 MISI

  1. Menjadikan BMAJ sebagai lembaga untuk kegiatan praktek siswa dalam dunia perbankan.
  2. Menjadikan BMAJ sebagai lembaga untuk menggalakkan gerakan menabung.
  3. Menjadikan BMAJ sebagai lembaga untuk membantu para guru/karyawan SMK negeri 1 Malang dalam kegiatn simpan pinjam, dan pembelian barang secara kredit.
  4. Menjadikan BMAJ sebagai lembaga untuk memberikan pelayan terhadap kebutuhan masyarakat umum maupun masyarakat pendidikan.

PROFIL BMAJ

1. Nama Lembaga : 24 Juli 1995
2. Tanggal Pendirian : Bank Mini Arta Jasa
3. Kedudukan : Bank Mini Arta Jasa
4. Tanggal Pendirian : SMK Negeri 1 Malang – Jl. Sonokembang – Telp. 0341 348 328
5. Lembaga Pembina : BTN  Cabang Malang

 

Susunan Pengurus pada Tahun 2011-2012

a Pembina : Retno Utami, M.Pd (Kepala Sekolah)
b Direktur- Supervisor : Dra. Masyitoh: Ahmad Fitra Zakaria, S.Ab
c Teller/Deskman- Teller 1- Teller 2 : Retno Utami, M.Pd (Kepala Sekolah): Suprapti: Dewi Masruroh
c Siswa Praktek  : Siswa Jurusan Akuntansi

 

Standart Pelayanan (SP) Bank Mini

JENIS PELAYANAN: PELAYANAN TABUNGAN

No

KOMPONEN

URAIAN

11

Dasar Hukum

2

Persyaratan pelayanan:  Bank Mini

3

Sistem, mekanisme dan prosedur
–       Umum
  1. Pelanggan

–       Pelanggan

( nasabah)

–       Masyarakat Umum

Prosedur untuk menjadi nasabahCalon nasabah membawa kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar) yang masih berlakuèBagian Adminèproses pendataanèmemperoleh nomer rekening èBuku tabungan

 

4

Jangka waktu penyelesaian 5 menit

5

Biaya/tarif Biaya buka rekening Rp.4000,- Setoran awal Rp.10.000.-

6

Produk layanan Penyetoran dan Pengambilan Tabungan

7

Sarana, prasarana dan/ atau fasilitas Ruang     : Admin, ToiletArea        :  parkir

Fasilitas   : Kursi Tunggu, Televisi

Peralatan : Computer, printer kantor, printer kasir, UPS, kamera CCTV, meja kasir.

8

Kompetensi pelaksana 4 orang pelaksana terdiri dari 2 orang  tamatan S1 ,2 orang tamatan SMK

9

Pengawasan internal Supervisor

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Tersedia  kotak saran dan segera ditanggapi /ditindak lanjuti.

11

Jumlah pelaksana 4 orang

12

Jaminan pelayanan Dana nasabah terjamin keamanannya

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan Bank Mini  bertanggungjawab terhadap kesalahan dari pihak Bank Mini. Kesalahan nasabah  bukan menjadi tanggung jawab Bank Mini.

14

Evaluasi kinerja pelaksana Evaluasi kinerja pelaksana dilakukan setiap hari dan menjelang tutup buku.

JENIS PELAYANAN: PELAYANAN PEMBAYARAN 

No

KOMPONEN

URAIAN

11

Dasar Hukum

2

Persyaratan pelayanan:  Bank Mini

3

Sistem, mekanisme dan prosedur
–       Umum Pembayaran Listrik, Telepon, Air dll.
  1. Pelanggan

–       Siswa

 

Prosedur untuk melakukan transaksi pembayaran SPPSiswa  membawa buku tabungan yang masih berlakuèBagian Adminèproses pendataanèmemperoleh bukti pembayaran èBuku tabungan dan slip Spp

 

4

Jangka waktu penyelesaian 5 menit

5

Biaya/tarif Tanpa biaya

6

Produk layanan Pembayaran SPP dan PPOB

7

Sarana, prasarana dan/ atau fasilitas Ruang     : Admin, ToiletArea        :  parkir

Fasilitas   : Kursi Tunggu, Televisi

Peralatan : Computer, printer kantor, printer kasir, UPS, kamera CCTV, meja kasir.

8

Kompetensi pelaksana 4 orang pelaksana terdiri dari 2 orang  tamatan S1 ,2 orang tamatan SMK

9

Pengawasan internal Supervisor

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Tersedia  kotak saran dan segera ditanggapi /ditindak lanjuti.

11

Jumlah pelaksana 4 orang

12

Jaminan pelayanan Setiap Pembayaran ada bukti transaksi yang valid

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan Bank Mini  bertanggungjawab terhadap kesalahan dari pihak Bank Mini. Kesalahan nasabah  bukan menjadi tanggung jawab Bank Mini.

14

Evaluasi kinerja pelaksana Evaluasi kinerja pelaksana dilakukan setiap hari dan menjelang tutup buku.