Koperasi Sekolah

1111

Sejarah Koperasi SMKN 1 Malang

Sebelum diadakan pembentukan Koperasi Sekolah yang merupakan realisasi dari Surat Keputusan bersama Menteri Perdagangan dan Koperasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 719 / Kpb / XII / 79 dan No. 282 / P / 1979 tentang pendidikan perkoperasian, di SMK Negeri 1 Malang telah diadakan pertokoan sebagai wadah praktek bagi siswa. Kemudian pada tahun 1980 untuk merealisir Surat Keputusan bersama kedua menteri di atas maka, dibentuklah Koperasi Sekolah yang melaksanakan kegiatan usaha di bidang konsumsi atau pertokoan.

Pada waktu itu, status Koperasi Sekolah SMK Negeri 1 Malang baru diakui oleh kantor Koperasi Kodya Malang dengan SK No. 610 / DK.13.17 / D2 / V  /1980 tanggal 17 Mei 1980. Pada perkembangannya selanjutnya status Koperasi Sekolah SMK Negeri 1 Malang memperoleh pengesahan status Badan Hukum dari KAKANWIL Koperasi

Propinsi Jawa Timur pada tanggal 27 Desember 1983, dengan Nomor 12 / BH / II / Sekh. / 1983.

Pada mulanya usaha Koperasi Sekolah SMK Negeri 1 Malang adalah unit pertokoan. Kemudian pada tanggal 12 Juli 1989 dibuka unit Kafetaria. Masing-masing unit usaha tersebut dikelola oleh seorang karyawan.

Visi

Mencetak insan-insan koperasi yang berkualitas, bertanggung jawab dan professional.

Misi
  • Mendidik dan Melatih anggota tentang Perkoperasian
  • Melibatkan secara  aktif seluruh anggota untuk berpartisipasi dalam Koperasi Sekolah
  • Menyediakan barang-barang kebutuhan anggota
  • Memberikan harga-harga barang yang layak
  • Memberi pelayanan yang memuaskan kepada seluruh anggota
  • Melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Masyarakat

1Standart Pelayanan (SP) Koperasi Sekolah

STANDART PELAYANAN KOPERASI SEKOLAH

Jenis Pelayanan : Pembelian Secara Tunai dan Kredit

No

KOMPONEN

URAIAN

1 Dasar hukum 1.  Permenpan No.35 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan 2.  Surat Keputusan  Kepala SMK Negeri 1 Malang
2 Persyaratan pelayanan
  1. Mengisi buku tamu
  2. Berpenampilan rapi, ramah dan punya loyalitas
  3. Barang dan makanan / minuman yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan harga yang telah disepakati
  4. Harus memahami ketentuan-ketentuan yang telah kami buat dalam hal pembelian makanan / minuman

 

3 Sistem, mekanisme dan prosedur
  1. Suplier datang ke koperasi Siswa
  2. Memberikan buku tamu
  3. Mengijinkan supplier memeriksa stock barang yang habis
  4. Membuat order barang
  5. Menerima barang
  6. Memeriksa barang sesuai dengan nota yang telah dibuat
  7. Membayar tagihan sejumlah nota kredit
  8. Pendistribusian barang sesuai dengan spesifikasinya

 

 

 

4 Jangka waktu penyelesaian 15 – 25 menit (masing-masingtahap 2-3 menit)
5 Biaya / tarif Bebas biaya / tanpa biaya
6 Produk Pelayanan Memberikan kemudahan dalam mensuplai barang kebutuhan sehari-hari siswa dan makanan / minuman yang sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan
7 Sarana, prasarana dan / atau fasilitas Sarana: meja, kursi, etalase / almari kaca, almari kayu, rak Prasarana: instalasi listrik, ruang makan
8 Kompetensi pelaksana Suplier harus mengerti tentang barang yang masih layak jual dan makanan / minuman yang bersih, sehat dan bergizi.
9 Pengawasan internal Pengawasan dilakukan oleh guru yang telah ditunjuk sebagai Pembina koperasi
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Pengaduan dan saran dapat disampaikan melalui kotak saran yang telah disediakan oleh sekolah (pihak humas sekolah)
11 Jumlah pelaksana Jumlah supplier berkis arantara 10 – 15 orang
12 Jaminan pelayanan Tata tertib yang telah kita buat
13 Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan Ketentuan yang telah disepakati
14 Evaluasi kinerja pelaksana Penilaian kinerja pelaksana disesuaikan dengan standar pelayanan pelaksanaan kegiatan

2Aktifitas Koperasi

  1. Rapat rutin Pengurus rutin Pengurus, Pembina dan Penasehat Koperasi SMK Negeri 1 Malang
  2. Penerimaan pengurus baru
  3. Simpanan pokok
  4. Stock Opname rutin tiap bulan
  5. Laporan Keuangan Koperasi tiap bulan
  6. Lomba berpacu dalam Koerasi tingkat Bakorwil dan Jawa Timur
  7. Jambore Koperasi Sekolah tingakat Jawa Timur dalam rangka HUT Koperasi Tahun 2011
  8. Diklat anggota
  9. Rapat Anggota Tahunan

 

3Prestasi Koperasi SMKN 1 Malang

 

  • uara I Lomba Tangkas Terampil Koperasi Tingkat Nasional 2008
  • Juara I Lomba Berpacu Dalam Koperasi Tingkat Jawa Timur 2008 & 2009
  • Juara I Lomba Berpacu Dalam Koperasi Tingkat Bakorwil Malang 2008 & 2009
  • Juara II Lomba Kuis Jambore Berani Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se-Jawa Timur Tahun 2009
  •  Juara III Lomba Study Banding Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se-Jawa Timur  Tahun
  • Juara V Lomba Paduan Suara Jambore Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se- Jawa Timur Tahun
  • Juara V Lomba Selling Contest Jambore Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se-Jawa Timur 2009
  • Juara I Lomba Cerdas Cermat Jambore Koperasi Tingkat Nasional Tahun
  • Juara I Lomba Selling Contest Jambore Koperasi Tingkat Nasional Tahun
  • Juara II Lomba Paduan Suara Jambore Koperasi Tingkat Nasoinal Tahun
  • Juara V Lomba Tenda Terbaik Putri Jambore Koperasi Tingkat Nasional Tahun
  • Juara I Lomba Berpacu Dalam Koperasi Tingkat Bakorwil Tahun 2011
  • Juara III Lomba Berpacu Dalam Koperasi Tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun
  • Juara III Lomba Cerdas Cermat Jambore Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se-Jawa Timur 2011
  •  Juara VI Lomba Paduan Suara Jambore Koperasi Sekolah tingkat SMA / MA / MK se-Jawa Timur 2011