Siswa Baru SMKN 1 MALANG Gelar Bakti Sosial

743

MALANG KOTA – Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa baru SMKN 1 Malang, kemarin (20/7) diisi dengan bakti sosial di sekitar sekolah. ”Bakti sosial ini diutamakan untuk siswa kami sendiri yang ekonominya prasejahtera. Kemudian dilanjutkan ke kampung sekitar,” ujar Wakasis SMKN 1 Malang Ilham Soleh SPd.

Daerah yang akan dikunjungi adalah Kelurahan Janti, Ciptomulyo, dan Gadang. Kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur siswa baru karena telah diterima di SMKN 1 Malang. Terdapat sebanyak 150 paket sembako yang akan disumbangkan. ”Sifatnya sukarela, jadi kalau mau nyumbang kita tampung. Tidak ada paksaan,” katanya.

Sebelum bakti sosial dilakukan, akan ada penampilan karya seni dari 648 siswa baru yang terbagi pada 7 jurusan dalam 18 kelas. Ilham mengungkapkan, akan ada penampilan tarian dari Papua karena SMKN 1 Malang tahun ini menerima siswa baru dari Pemerintah Provinsi Papua sebanyak 3 orang. ”Kerja sama dengan Pemerintah Papua ini sudah berjalan selama 3 tahun, dan kami sudah meluluskan 1 angkatan,” paparnya.

Dikatakannya, MPLS SMKN 1 Malang diadakan sejak tanggal 18-20 Juli. Sebelumnya, di tanggal 16 Juli, pihak sekolah mengadakan pra MPLS, yaitu pemberian materi tentang lingkungan sekolah, penampilan ekstra kurikuler, dan organisasi siswa intra sekolah. ”Jadi, segala kegiatan dikenalkan dulu ke siswa baru, agar mereka tertarik,” katanya.

Kemudian pada hari pertama MPLS, SMKN 1 Malang mengundang beberapa praktisi pada dunia usaha dan dunia industri (Du-Di) untuk memberikan materi kepada siswa baru. Pemateri tersebut berasal dari CV Wahana Tata Lestari untuk jurusan konsultan pajak, Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk jurusan administrasi, dan PT Matahari untuk jurusan pemasaran. ”Materi ini diberikan agar siswa baru paham dengan dunia kerja yang akan mereka hadapi nanti,” ungkap Ilham.

SMKN 1 Malang, kata dia, juga memberikan materi tentang kewirausahaan. Sehingga, siswa baru nantinya akan siap ketika harus bekerja secara mandiri. Di hari kedua MPLS akan ada materi tentang Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Malang. Dilanjutkan dengana penyuluhan bahaya narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan kampanye tertib lalu lintas dari Polres Malang Kota. (viq/c1/lid)

Sumber : Radar Malang