Kalian pasti mengetahui bahwa negara kita pernah dijajah oleh bangsa asing, ya Indonesia dijajah belanda selama 350 tahun dan dijajah oleh jepang selama 3,5 tahun. Nenek moyang kita berjuang dengan apapun yang dipunya, baik harta, jiwa dan raga bahkan nyawapun akan diberikan untuk Indonesia merdeka. Silih berganti peristiwa heroik yang mengawal tumbuhnya Indonesia, dengan satu tekad dan satu semangat, satu Indonesia.

Maka dari itu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia. Pagi ini seluruh civitas Pamsagaca berbaris rapi untuk melaksanakan upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke 72 yang jatuh pada hari kamis, 17 Agustus 2017.

Lantunan lagu Syukur, Padamu Negeri, Pancasila dan lagu Kemerdekaan membahana ke penjuru Pamsagaca, merasuk kerelung jiwa dan hati sanubari peserta upacara. Ibu kepala sekolah Ibunda Dra. Retno Utami,M.Pd berkenan menjadi inspektur upacara.

Tim Merah Pasukan Pengibar Bendera menjalankan amanah yang suci demi khidmatnya pelaksanaan peringatan upacara 17 Agustus 2017 ini. Tangis haru para PASKIBRAKA SMK Negeri 1 Malang pecah karena mereka telah berhasil mengibarkan sang saka merah putih dengan lancar dan upacara yang dilaksanakan berjalan dengan hikmat.

Aku Pamsagaca, Aku Indonesia!

Tri Dyah (X AKL 4)