PEMBELAJARAN DARING SMK NEGERI 1 MALANG

190

Pandemi Covid-19 yang sudah menyebar di seluruh dunia, menjadikan Pemerintah Indonesia menetapkan sebagai Bencana Nasional Penyebaran Covid-19. Keputusan tersebut diambil pemerintah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona serta melindungi kesehatan dan keselamatan semua orang dengan cara menjaga jarak, menghindari keramaian, dan melakukan kegiatan di rumah saja. Bahkan Presiden RI Bpk. Joko Widodo menghimbau agar seluruh kegiatan sebisa mungkin dilakukan di rumah saja. Sejak saat itu tagar #dirumahaja; #jagajarak akhirnya menjadi viral di media social. Kebijakan tersebut diberlakukan mulai tanggal 16 Maret 2020.

Salah satu bidang yang langsung terdampak adalah bidang Pendidikan. Pemerintah daerah menutup sekolah dan mengalihkan kegiatan belajar di rumah. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona. Kegiatan belajar dari rumah merupakan upaya dalam membantu terselenggaranya pendidikan di masa darurat Covid-19. Program ini dilakukan melalui layanan internet oleh guru bersama peserta didik dari rumah masing-masing.

Berpedoman pada Surat Edaran Gubernur Jawa Timur nomor 420/1950/101.1/2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa Darurat Penyebaran COVID-19 pada Satuan Pendidikan, yang antara lain berisi anjuran untuk menjalankan tugas dari rumah dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah bagi peserta didik, selanjutnya SMK Negeri 1 Malang ikut mendukung program tersebut melalui kegiatan bekerja dan belajar di rumah secara online. Beberapa kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui jaringan internet dengan beberapa jenis, antara lain melalui:
1) Video conference;
2) Elearning jenis moodle;
3) Google classroom;
4) WhatsApp group;
5) dan beberapa media online yang lain.

Komunikasi dua arah antara guru (pendidik) dengan peserta didik tetap bisa dilaksanakan secara langsung walaupun dibatasi oleh jarak, sehingga hal-hal yang belum difahami selama pembelajaran bisa teratasi saat pembelajaran berlangsung.
Pembelajaran daring dari rumah dilakasanakan sesuai dengan jadwal pelajaran masing-masing kelas, dengan ruang lingkup materi meliputi: muatan kurikulum, penguatan karakter, pola hidup bersih dan sehat, menumbuhkan minat berwirausaha dan pencegahan terhadap covid-19. Pada akhir kegiatan pembelajaran, guru membuat laporan kegiatan pembelajaran melalui link yang disediakan oleh sekolah maupun link untuk pelaporan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu.

Didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat di tengah merebaknya wabah covid-19, banyak hikmah yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran dan bekerja melalui daring dari rumah. Kita menjadi sadar dan faham bahwa bekerja dan belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Wabah covid-19 yang mengharuskan kita untuk jaga jarak dan tinggal di rumah, tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tetap bekerja dan terus belajar serta tetap produktif . Dengan bekerja dan belajar dari rumah, kita ikut mendukung anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan dan tinggal di rumah saja. Tentunya tetap mengikuti SOP kesehatan dalam pencegahan Covid-19, selalu cuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker sehingga kita ikut memutus rantai penyebaran covid-19.
Pembelajaran daring tidak hanya dilaksanakan karena terjadi wabah ataupun bencana lainnya, tetapi pembelajaran daring tetap terus kita laksanakan sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Merdeka Belajar. Bekerja dan belajar melalui daring memotivasi kita untuk berinovasi dan selalu belajar mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Terjadinya wabah covid-19 menjadikan kita untuk bekerja bersama-sama, tolong – menolong, bersatu padu, gotong royong menangani masalah covid-19 dengan maksimal. Lebih penting dari itu semua, wabah covid-19 mengajari kita untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT bahwa kita masih diberi kesehatan dan dijauhkan dari bencana covid-19.