JATIM CERDAS SMKN 1 MALANG

Teaching Factory adalah model pembelajaran SMK berbasis barang maupun jasa melalui aksi nyata pada industri dan bisnis pada umunya, yang bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan standar dan kebutuhan industri. SMK Negeri 1 Malang telah menerapkan pembelajaran Teaching Factory melalui ajang Jatim Cerdas dengan tema “Mewujudkan Teaching Factory Sebagai Sarana Memandirikan Siswa Dan Pusat Belajar Masyarakat Sekitar.” Dilaksanakan bertepatan pada tanggal 20 Februari 2022 di SMK Negeri 1 Malang.

Berjalannya Jatim Cerdas kali ini para siswa-siswi sangat antusias dan bersemangat. Dapat dilihat dari stand-stand yang sudah dipersiapkan dengan sangat baik dan menarik, ditambah dengan kemeriahan pertunjukan flashmob dari agen perundungan dan ekstra kurikuler tari dari SMK Negeri 1 Malang yang semakin menambah keseruan acara Jatim Cerdas tersebut. Menurut Bapak Dr. Ir Wahid Wahyudi, M.T. selaku Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur “Diharapkan SMKN 1 Malang menjadi SMK unggul, tidak hanya unggul untuk sekolah ini saja, tetapi juga mampu memengaruhi SMK-SMK yang lain untuk menjadi SMK yang unggul.” ucap beliau mengenai acara Jatim Cerdas.

Kesuksesan acara Jatim Cerdas kali ini juga tidak terlepas dari semangat para siswa-siswi dalam mempelajari dan mengoptimalkan tiap stand yang dimilikinya. Mulai dari stand Program Keahlian Teknik Elektronika, yang memiliki keunggulan “Keunggulan dari Teknik Elektronika (TE) adalah menciptakan suatu produk yaitu power amplifier dan runingtext dan keunggulan amplifier sendiri dapat disewakan untuk menjadi pekerjaan dan mendapatkan uang kembali lalu dirakit lagi dan dijadikan barang supaya lebih banyak.” tutur salah satu siswa bernama Hendi Wahyu. Dilanjutkan dengan stand Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) “Memiliki keunggulan banyak sekali, salah satunya dibidang jaringan, jaringan berbasis wireless maupun kabel dan jaringan mencakup tempat yang sangat luas, selain itu dalam era globalisasi ini semua membutuhkan peralatan komputer yang dimana TJKT mempelajari itu semua” ucap Novalino Ramadhansyah. Tidak hanya itu saja masih banyak standstand lain yang pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

Acara ini belangsung kurang lebih selama tiga sampai empat jam mulai acara pembukaan jam 12.30 WIB dan berakhir pukul 15.45 WIB. Pada akhir acara, Bapak Andri Kusdarmanto, M.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Malang, menyampaikan kesan dan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur sangat menyemangati dan memotivasi kami di SMK Negeri 1 Kota Malang. Beliau menambahkan, mudah-mudahan kunjungan beliau membawa SMK Negeri 1 Malang menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Penulis; Raniah Nur R. (R&J)

SebelumnyaSERBUAN VAKSINASI SMK/SMA SE-KOTA MALANG DAN KOTA BATU
BerikutnyaSinergitas Cabang Dinas dan Kepolisian Kota Malang dalam Pelaksanaan Jenjang SMA/SMK/PKPLK