KUPAS HABIS VIRUS DIFTERI

640

Dinas kesehatan Kota Malang, Jawa Timur, turut andil dalam menyukseskan progam nasional Indonesia bebas difteri. Mulai siswa sekolah dasar hingga siswa sekolah menengah tak luput dari imunisasi difteri ini. Pada hari ini di SMK Negeri 1 Malang diselenggarakan imunisasi serentak yang dilaksanakan oleh team kesehatan Puskesmas Janti.

Target dari Puskesmas Janti untuk siswa SMK Negeri 1 Malang adalah sebanyak 1.900 siswa. Imunisasi untuk mencegah penyebaran kasus difteri akan diberikan secara gratis dan dilaksanaannya dilakukan di kelas-kelas.

Difteri adalah suatu penyakit akut terutama menyerang tenggorokan, hidung ,dan adakalanya menyerang selaput lendir atau kulit sreta kadang – kadang mata. Penyakit difteri disebabkan oleh bakteri corynerbacterium diphteriae tipe gravis, mitis atau intermedius yang telah terinveksi virus sehingga bakteri mampu membuat toxin (racun). Pada penderita difteri yang terlambat ditangani dapat terjadi sumbatan jalan nafas,gagal jantung, yang dapat menyebabkan kematian.

Difteri merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Selain itu, dapat dicegah dengan meminum obat untuk profilaksis(pencegahan) yang diberikan petugas kesehatan dan juga bisa dicegah dengan cara menghindari kontak langsung atau selalu gunakan masker bila kontak dengan penderita difteri.

Terlihat raut wajah yang beragam ada yang menegangkan, menangis, tertawa, sampai ekspresi yang menggelitik perut.  Semua bercampur aduk menjadi satu.

“Imunisasi ini diadakan karena se JawaTimur kasus penyakit difteri ini sangat banyak terutama di Kota Malang jadi dalam tata laksana penyakit difteri kalau ada kasus difteri untuk meningkatkan kekebalan, maka disekitarnya harus diimunisasi”, tutur salah satu petugas Puskesmas Janti.

Kegiatan imunisasi difteri ini tidak memberi efek yang menakutkan, seperti kejang kejang serta demam tinggi.Efek dari imunisasi ini mungkin hanya memberi dampak bengkak pada area yang di imunisasi.Setelah imunisasi dilakukan, apabila merasa kurang enak badan diharapkan minum obat Parasetamol.