SERBUAN VAKSINASI SMK/SMA SE-KOTA MALANG DAN KOTA BATU

Halo PAMSAGACA, Selasa 16 November 2021, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu bersama dengan Polresta Malang Kota mengadakan vaksinasi yang diikuti oleh SMA/SMK se-Kota Malang dan Kota Batu, dengan SMK Negeri 1 Malang sebagai tuan rumah dari acara ini. Kegiatan dengan tema “Serbuan Vaksinasi Dosis 1” kali ini bekerjasama dengan Klinik Kendedes sebagai Dokter dan Staff Medis yang diperlukan dalam berjalannya vaksinasi tersebut. Peserta vaksinasi ini hampir mencapai angka seribu, dengan pelaksanaan yang hanya memakan waktu kurang lebih 3 jam karena dibantu oleh Polri dan Staff Guru dari SMKN 1 Malang dalam melakukan input data yang mempercepat proses kegiatan.

Sebelum acara vaksinasi ini dimulai, kita sempat mewawancarai salah satu siswa SMK Negeri 1 Malang yaitu Mas Yudha dari kelas XII AKL 3, menurut Mas Yudha sendiri ia berkata “Semua siswa yang akan divaksinasi diwajibkan untuk sarapan terlebih dahulu.” Lanjut pada tata cara pelaksanaan vaksinasi, tahap pertama peserta diarahkan menuju ke tempat transit untuk mengantri ke tempat pendaftaran di bagian jalan masuk. Tahap kedua setelah melakukan pendaftaran peserta menuju tempat skrining untuk mengecek apakah peserta dapat mengikuti vaksinasi atau tidak, tidak lupa juga menuju tempat berikutnya yang ketiga tempat input data untuk memasukkan informasi ke akun pedulilindungi. Masuk pada kegiatan inti, yaitu para peserta melakukan vaksinasi sesuai tempatnya oleh Dokter terpercaya. Setelah berhasil mendapat vaksinasi, para peserta kemudian menuju tempat observasi untuk mendapatkan kartu vaksin dan menunggu selama 5 menit untuk melihat apakah ada gejala maupun efek samping setelah vaksinasi. Hal ini dilakukan di lapangan indoor SMK Negeri 1 Malang.

Tujuan Cabang Dinas dan Polres mengadakan kegiatan ini agar para siswa/siswi khususnya SMA/SMK se-Kota Malang dan Kota Batu dapat segera mendapatkan vaksinasi, dengan hal tersebut angka terjangkitnya virus covid-19 pun akan menurun seiring berjalannya waktu. Ada sekitar kurang lebih 1000 dosis vaksin yang disiapkan untuk disuntikkan. Berdasarkan informasi yang kita peroleh perasaan sehabis melakukan vaksin menurut salah satu peserta “Perasaannya saya biasa saja karena hal ini memang sudah lumrah, memilih vaksin disini karena vaksinasi ini terbuka dan kebetulan butuh jadi ya vaksin saja, pesan kepada kalian yang belum vaksin, segera saja ya!” Ujar Mas Zain dari SMK 11.

Menurut Ibu Ema sendiri sebagai Kepala Cabang Dinas Kota Malang dan Kota Batu dan Kompol Suyatmi “Program ini sangat membantu bagi para siswa yang berasal dari SMA atau SMK se-Kota Malang dan Kota Batu, kami mengharapkan siswa dapat menyadari pentingnya vaksinasi ini, untuk kedepannya kami merencanakan melakukan program vaksinasi ke 2 kemungkinan juga akan diadakan di SMK negeri 1 Malang.” Kegiatan yang dimulai dari jam 07.30 WIB ini dikatakan sukses meskipun ada sedikit hambatan dalam penanganan masalah antrian, tetapi hal tersebut tidak membuat semangat surut untuk melakukan kegiatan vaksinasi kali ini, bahkan menurut Ibu dokter bernama dr. Putu Sintya ia mengatakan “Semua tim vaksinasi disini sangat antusias sekali, bahkan adik-adik yang divaksin juga antusias dan semangat, meskipun ada sedikit yang masih takut, tetapi tidak mengubah semangat mereka sedikitpun untuk divaksin.”

Oleh: Raniah Nur Ramadhani

SebelumnyaTUK ASN PPPK TAHAP-2 TAHUN 2021
BerikutnyaJATIM CERDAS SMKN 1 MALANG