Sinergitas Cabang Dinas dan Kepolisian Kota Malang dalam Pelaksanaan Jenjang SMA/SMK/PKPLK

Hai sobat Pamsagaca! Masih ingat kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di SMKN 1 Malang pada bulan November dan Desember 2021. Sehubungan dengan telah dilaksanakannya kegiatan vaksinasi tersebut, pada tanggal 25 Januari 2022 lalu, berdasarkan kesepakatan dari beberapa sekolah yang mengikuti kegiatan vaksinasi tengah mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan tanda terima kasih kepada para penyelenggara kegiatan vaksin. Kegiatan tersebut memiliki tema “Sinergitas Cabang Dinas dan Kepolisian Kota Malang dalam Pelaksanaan Jenjang SMA/SMK/PKPLK”.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Malang dan dihadiri oleh Kombes. Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. selaku Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Malang, serta Ibu Dr. Dra. Ema Sumiarti, M.Si. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Kota Malang-Batu. Selain itu turut hadir dalam acara ini perwakilan siswa dari sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan vaksinasi, Bapak/Ibu guru SMKN 1 Malang, dan tentunya Bapak Andri Kusdarmanto, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Malang.

Pada awal kegiatan terdapat persembahan beberapa lagu yang dibawakan dari Siswa/Siswi SMKN 1 Malang. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dibawakan oleh Kacabdindik Kota Malang-Batu, Dr. Dra. Ema Sumiarti, M.Si., dan dilanjutkan dengan pidato dari Kapolresta Malang, Kombes. Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.. Isi dari pidato tersebut diantaranya adalah pernyataan apresiasi dan ucapan terima kasih dari pihak Polresta Malang dan Dinas Pendidikan Kota Malang-Batu atas kerjasama dan terlaksananya kegiatan vaksinasi pada beberapa bulan yang lalu. Kapolresta Malang menambahkan bahwa vaksinasi merupakan sebuah perisai dalam diri kita untuk menghadapi virus yang kini merajalela. Dengan adanya antusiasme peserta dalam mengikuti vaksin merupakan suatu hal yang sangat luar biasa. Hal tersebut didukung dari adanya kerjasama dalam komunikasi, korelasi, dan kolaborasi.

Kapolresta Malang dalam pidatonya juga mengungkapkan bahwa kedepannya, jika situasi pandemi sudah mulai mereda,  pihak Polresta Malang ingin hadir di sekolah-sekolah utamanya saat pelaksanaan upacara bendera untuk memberikan edukasi dan himbauan positif kepada siswa/siswi di sekolah.  

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata kepada Kapolresta Malang yang dari Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang-Batu sserta beberapa sekolah yaitu diantaranya SMKN 1 Malang, SMKN 2 Malang, dan SMKN 4 Malang. Khusus cendera mata dari sekolah, memiliki karakter yang berbeda menyesuaikan dengan karakter dan ciri khas dari sekolah masing-masing. Misalnya, bunga anggrek dari SMKN 1 Malang,  perlengkapan hotel dari pihak SMKN 2 Malang, kaos dengan sablon dari SMKN 4 Malang, dan beberapa cendera mata lainnya. Tujuan pemberian cendera mata ini adalah sebagai bentuk ucapan terima kasih dari sekolah-sekolah tersebut atas bantuan dan kerjasama dari pihak Polresta Malang pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi sebelumnya.

Ibu Rahayu Ndaru W., S. Si., S.Pd., salah satu perwakilan sekolah yang menghadiri kegiatan ini memberikan kesan pada pelaksanaan vaksinasi yang telah dilaksanakan sebelumnya bahwasanya vaksinasi tersebut telah berjalan dengan baik dan penyampaian informasi berjalan lancer melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), secara umum kegiatan vaksinasi membuat siswa/siswi terbantu utamnay pada masa pandemi ini. Beliau berharap kedepannya setelah dilakukannya kegiatan vaksinasi, sekolah dapat melakukan pertemuan tatap muka disertai protokol kesehatan, khususnya untuk siswa/siswi SMK/SMA/Sederajat baik Negeri maupun Swasta. Selain itu beliau menambahkan bahwa harapan untuk kedepannya diadakan kegiatan vaksinasi dosis ketiga. Sedangkan menurut Hilmi Faishal H., perwakilan murid dari SMKN 1 Malang, menyatakan bahwa ia merasa terbantu dan dimudahkan dengan diadakannya kegiatan vaksinasi tersebut, karena kegiatan vaksinasi tersebut diadakan di sekolah sendiri, serta secara keseluruhan pelaksanaannya berjalan tertib dan teratur.

Pada akhir kegiatan “Sinergitas Cabang Dinas dan Kepolisian Kota Malang dalam Pelaksanaan Jenjang SMA/SMK/PKPLK” ini ditutup dengan melakukan sesi dokumentasi dengan Kapolresta Malang Kombes. Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.. Dokumentasi dilakukan oleh jurnalis dari SMKN 1 Malang yang tergabung dalam ekstrakurikuler Research & Journalistic.

Oleh: Lely & Levina

SebelumnyaJATIM CERDAS SMKN 1 MALANG
BerikutnyaPENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2022