SMKN 1 Malang Menerima Program CoE

5

Kondisi demografi Indonesia tahun 2010-2035 merupakan periode emas Indonesia untuk mempersiapkan generasi baru, untuk itu momentum ini harus dimanfaatkan dengan melakukan investasi sumber daya manusia agar dihasilkan generasi baru terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Salah satu tujuan pendidikan kejuruan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha maupun dunia industri baik nasional maupun global dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan vokasi pada program keahlian teknik yang memenuhi kompetensi dan sertifikasi yang dipersyaratkan oleh dunia kerja serta asosiasi-asosiasi profesi bidang teknik yang relevan dan mampu bersaing di pasar global.

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan kejuruan tersebut, maka perlu peningkatan di berbagai sektor yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Salah satunya adalah peningkatan pada sektor sarana dan prasarana pembelajaran. Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan berkualitas dalam pembelajaran merupakan faktor pendorong yang besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang terampil. Untuk itulah, SMK Negeri 1 Malang berkomitmen untuk memenuhi dan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran bagi peserta didik secara maksimal. Penyediaan tersebut dimaksudkan agar peserta didik mendapatkan pangalaman belajar yang maksimal dan secara otomatis juga akan meningkatkan keterampilan peserta didik SMK Negeri 1 Malang, khususnya pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Selain itu. dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di SMK Negeri 1 Malang ini, diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan di Kompetensi Keahlian  ATPH yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia usaha/industri dan mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan, serta SMK Negeri 1 Malang khususnya pada Kompetensi Keahlian ATPH  menjadi rujukan SMK lainnya dan menjadi Pusat keunggulan (Center Of Excellence) di Kota Malang bahkan secara lebih luas lagi yaitu skala nasional.

Pada tanggal 9 – 11 Oktober 2020 bertempat di gedung serbaguna SMKN 1 Malang diadakan Workshop Sosialisasi Pengembangan Pembelajaran SMK Center Of Excellence (COE) Sektor Pertanian SMKN 1 Malang. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mematuhi standar protokol kesehatan.