AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA (ATPH)

PROFIL PROGRAM KEAHLIAN
AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA (ATPH)
SMK NEGERI 1 MALANG

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) membekali siswa agar memiliki kompetensi di bidang pertanian.  Model pertanian yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Malang adalah pertanian perkotaan atau urban agriculture yang menerapkan teknologi modern dalam usaha taninya. Pada kompetensi keahlian ini siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang :

  • teknik hidroponik untuk memproduksi sayur dan buah
  • teknik aquaponik untuk memproduksi 2 macam komoditas yang berbeda yaitu tanaman dan ikan
  • teknik kultur jaringan untuk memperbanyak tanaman
  • teknik bertanam dalam pot untuk memproduksi sayur dan buah serta tanaman hias
  • berwirausaha di bidang pertanian

VISI

          Terciptanya Sumber Daya Manusia yang mampu memanfatkan teknologi pertanian untuk bisa memproduksi produk-produk pertanian yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar, mengelola greenhouse serta menjadi wirausaha handal di bidang pertanian.

MISI

  1. Menjadikan siswa mampu menguasai teknik hidroponik
  2. Menjadikan siswa mampu memproduksi produk-produk hidroponik yang berkualitas supermarket
  3. Menjadikan siswa mampu menguasai teknik kultur jaringan
  4. Menjadikan siswa mampu memproduksi sayur, buah dan tanaman hias dalam pot
  5. Menjadikan siswa mampu menjadi wirausaha pertanian yang tangguh
  6. Menjadikan siswa mampu menjadi tenaga kerja yang handal di bidang pertanian
  7. Sebagai pusat pelatihan hidroponik dan aquaponik
  8. Sebagai tempat latihan berwirausaha khususnya di bidang pertanian

SARANA PRAKTIK BELAJAR SISWA

GREENHOUSE HIDROPONIK SISTEM NFT (Nutrient Film Technique)
Greenhouse yang dilengkapi dengan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) sebagai sarana praktik siswa untuk memproduksi sayur hidroponik, yaitu jenis-jenis selada lolorosa, green rapid dan romaine, jenis sawi-sawian seperti pakchoy dan pagoda, kangkung dan seledri.  Produk-produk sayur hidroponik tersebut dipasarkan ke supplier rumah makan, fitnes dan retail sayur hidroponik.

Praktik memproduksi sayur hidroponik

GREENHOUSE HIDROPONIK SISTEM DUTCH BUCKET
Greenhouse yang dilengkapi dengan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) sebagai sarana praktik siswa untuk memproduksi buah hidroponik, yaitu melon golden dan tomat cherry.  Produk-produk buah hidroponik tersebut dipasarkan ke supplier dan ditawarkan langsung kepada konsumen melalui penjualan secara on line.

Praktik memproduksi buah melon hidroponik

LABORATORIUM KULTUR JARINGAN
Laboratorium ini dilengkapi dengan sarana alat-alat praktik yang digunakan untuk memperbanyak tanaman dengan teknik kultur jaringan, antara lain otoklaf, enkas dan laminar air flow.

Praktik memperbanyak tanaman dengan teknik kultur jaringan

KERJASAMA DENGAN DUNIA INDUSTRI

Untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan wawasan siswa,  Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) bekerja sama dengan perusahaan pertanian dan pengusaha pertanian dalam program praktek kerja lapangan yang pelaksanaan berdurasi 6 bulan, yaitu PT BISI Internasional, PT Benih Citra Asia, KUB Mini Maxi, D’Fresh Hidroponik, I Grow U Hidroponik, Ecogreen Park, Wahana Kharisma Flora, dan DD Orchid.

Selain sebagai tempat praktik kerja lapangan, kerja sama dengan dunia industri juga dilakukan sebagai guru tamu sebagai usaha diseminasi teknologi terkini yang telah berkembang di dunia industri sebagai upaya agar keterampilan dan pengetahuan siswa sesuai dengan yang dibutuhkan dunia industri.

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) juga melayani pelatihan dan kunjungan kebun hidroponik bagi masyarakat umum yang berminat untuk belajar mengembangkan hidroponik.

KEGIATAN DAN PRESTASI SISWA

Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa dengan dunia pertanian, siswa ATPH aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, baik itu skala regional, nasional maupun internasional.  Kegiatan dan prestasi yang pernah diraih adalah :

  1. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Propinsi Jawa Timur tentang bahan pangan alternatif yang diselenggarakan oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Jawa Timur tahun
  2. Juara 2 Lomba Kompetensi Siswa bidang lomba agronomi tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2016
  3. Peserta Future Farmer of Thailand tahun 2017 di Uthaitani, Thailand untuk bidang Landscape and Gardening dan Flower Decoration

  4. Peserta 2nd Young SEA-TVET Symposium: Young Smart Farmers, Pattaya, Thailand tahun 2017
  5. Program pertukaran pelajar Indonesia-Thailand dengan Lopburi Agriculture and Technical College, Thailand
  6. Finalis SEA-CREATIVE CAMP 2018 “Future Careers for Youth” for Urban Agriculture Workshop untuk makalah berjudul “Aquaganic System, The Alternative System To Plant Paddy”